Inilah resikonya jika berlebihan konsumsi vitamin

Mengenal efek atau resiko mengkonsumsi vitamin berlebihan bagi tubuh

Saskiapost- Tubuh memang membutuhkan vitamin agar kesehatan selalu terjaga. Sebagian orang masih banyak yang mengira dan bahkan berlomba-lomba untuk konsumsi vitamin. Entah itu vitamin A,B,C,D,E, beserta turunanya. Dengan harapan vitamin tersebut, mampu melindungi mereka dari serangan penyakit berbahaya.

inilah resikonya jika berlebihan konsumsi vitamin


Tak hanya orang dewasa, anak baru lahir pun sudah dipastikan untuk mendapatkan seluruh asupan vitamin yang baik bagi tubuh. Namun, para pakar justru mengingatkan bahayanya dosis tinggi vitamin.

Penelitian
Banyak yang salah kaprah dan mengira, jika semua vitamin yang mereka beli sudah aman. Padahal menurut studi menunjukan, konsumsi vitamin berlebihan justru meningkatkan resiko penyakit berbahaya seperti penyakit kanker dan jantung.

Dalam satu acara investigasi kesehatan yang ditayangkan di CBC-TV, kata dia, bagaimana 1.000 miligram vitamin C setara dengan tujuh hingga delapan melon dan bisa membahayakan tubuh.

Temuan lain yang menarik adalah perbedaan antara informasi pada label dan isi produk. Secara khusus, CBC Marketplace menemukan, suplemen vitamin C yang diberi label mengandung 1.000 miligram vitamin hanya memiliki 332 miligram saat diuji di laboratorium.

Neil Thanedar mengatakan, lebih dari 50 persen vitamin mengandung gula, Sedangkan vitamin E lain lagi.

Menurut Neil, kebutuhan vitamin E harian setara dengan 30 almond. Namun, para pakar menemukan, kapsul yang dijual di pasaran memiliki 50 kali lebih banyak dari jumlah tersebut. Offit mengatakan jumlah ini bisa menyebabkan risiko kanker prostat pada pria.

Daftar vitamin lainnya yang diburu masyarakat adalah vitamin D. Di Kanada, dosis yang dianjurkan adalah 600 unit internasional (IU). Dr Joanne Manson dari Brigham merekomendasikan 5.000-10.000 IU per hari. Namun dia menemukan banyak suplemen yang melebihi asupan yang dianjurkan.

Konsumsi berlebihan vitamin D dapat memicu batu ginjal dan kalsifikasi vaskular atau pengapuran pembuluh darah, kata Manson.

Akhir khalam
Sebenarnya apapun itu, jika di konsumsi secara berlebihan, semuanya pasti akan berakibat buruk. Konsumsilah apapun itu sebijak mungkin, agar terhindar dari efek negatifnya yah..

Demikian info kesehatan mengenai, Inilah resikonya jika berlebihan konsumsi vitamin. Semoga bermanfaat yah sahabat

Salam : saskia
sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Inilah resikonya jika berlebihan konsumsi vitamin "

  1. Infonya bermanfaat... Jaya terus. Biar kami terbantu..ndang nikah kalau belom.wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha...siap bang..
      Iyah ni lg persiapan nikah. Hihihi.makasih yah udh mau mampir.

      Delete
  2. Infonya bermanfaat... Jaya terus. Biar kami terbantu..ndang nikah kalau belom.wkwkwkwk

    ReplyDelete

Mau tau dong komentarmu sahabat...?