Saat berdiri kepala pusing ini lhoo penyebabnya

Jika saat berdiri kepala pusing Jangan diabaikan yah, itu tanda kesehatanmu mengalami gangguan kenalilah penyebabnya dan bagaimana mengatasinya

Saskiapos- Mengeluhkan masalah pusing setelah duduk atau tiduran memang tidak sedikit orang. Bahkan saya sendiri sebagai penulis artikel inipun pernah merasakanya. 

Saat berdiri kepala pusing ini lhoo penyebabnya

Mungkin anda juga pernah merasakanya. Nah dengan sedikit informasi mengenai masalah kesehatan ini, saya akan coba terangkan di blog ini berdasarkan apa yang sudah diterangkan juga di website resmi doktersehat.com

Kondisi pusing kepala saat bangun dari duduk dalam waktu lama janganlah dianggap enteng. Sebab ini ada kaitanya dengan kesehatan jantung anda.

Keluhan kepala pusing, mata kunang-kunang dan bahkan sampai terjatuh saat bangun dari duduk jika tidak ditanggapi serius bisa jadi malah berbahaya.

Mengenai kondisi ini, Saya sudah rangkum apa-apa saja penyebabnya dan apa yang harus anda lakukan, Simak yah dibawah ini.

Berikut penyebab kenapa kepala pusing saat berdiri setelah duduk atau tiduran dalam waktu lama

Memang benar ada kaitanya dengan tekanan darah jika mengalami pusing saat berdiri setelah duduk. Hal ini terjadi karena kesehatan jantung anda terganggu.

Jantung berada pada posisi tengah-tengah dari tubuh sehingga jika jantung ingin memompa darah ke area yang lebih tinggi layaknya di area tekanan, maka tekanan darah yang dialirkan ke kepala pun cenderung lebih tinggi.

Jika di dalam perjalanan aliran darah ke kepala terjadi hambatan pada pembuluh darah, maka kepala pun beresiko mengalami pusing.

Selain itu, kondisi dimana tekanan darah mengalami penurunan tiba-tiba setelah kita duduk juga bisa menjadi penyebabnya. Kondisi ini disebut sebagai hipotensi ortostatik dimana terjadi gangguan saat tubuh mencoba menetralkan tekanan darah.

Gangguan ini sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti sebagai berikut.

Jantung bisa jadi mengalami gangguan sehingga tekanan darah ke kepala menjadi sangat rendah. Gagal jantung atau kondisi katup jantung yang bermasalah bisa menjadi penyebab masalah ini.

Selain itu, jika tubuh mengalami dehidrasi layaknya jika baru saja melakukan olahraga berat atau terkena diare, maka tubuh mengalami kehilangan cairan dan natrium yang menyebabkan pusing dan tubuh yang menjadi lemah.

Ada juga, jika sistem saraf mengalami gangguan, maka organ jantung juga bisa mengalami gangguan dalam mengalirkan darah ke kepala sehingga aliran darah ke atas pun menjadi terganggu dan menyebabkan pusing.

Gangguan terakhir adalah masalah diabetes yang bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat dan membuat tubuh mengalami dehidrasi akut yang tentu saja membuat kepala menjadi mudah pusing saat berdiri.

Nah bagaimana sahabat, sekarang sudah taukan kenapa kita mengalami kepala pusing saat berdiri setelah duduk atau tiduran. Mengenai apa yang harus anda lakukan ketika mengalami hal ini, saya sudah rangkum saran dari dokter, berikut juga pertanyaanya. Simak dibawah ini yah.

Pertanyaan pasien :

dok,saya laki-laki usia 16 tahun, saya sering mengalami sakit kepala. dan apabila saya bangun dari jongkok,kepala saya langsung pusing, dan pandangan langsung kabur. apakah gangguan tersebut ada hubungannya dengan penyakit pada saraf..? terimakasih.


Jawaban Dokter :
Salam sehat,

Dari keluhan yang Anda sampaikan merupakan tanda-tanda yang disebut dengan hipotensi ortostatik. Hal ini disebabkan oleh tekanan darah yang rendah.

Bila tekanan darah tidak dapat mengantarkan aliran darah ke organ-organ vital seperti otak, jantung, ginjal, maka organ tersebut tidak dapat bekerja dengan baik.

Contohnya pada otak, ketika aliran darah tidak mencukupi,maka sel otak tidak mendapat oksigen dan nutrien yang cukup mengakibatkan orang tersebut akan merasa pusing, pandangan kabur, rasa ingin pingsan. Hal inilah yang disebut hipotensi ortostatik. 

Mengapa hal ini terjadi pada perubahan posisi dari duduk ke berdiri? Karena saat kita berdiri, aliran darah banyak yang bertahan di vena tubuh bagian bawah seperti daerah tungkai, dan ini memperburuk tekanan darah yang sudah rendah, mengakibatkan aliran darah yang ke otak berkurang.

Pada orang yang memiliki tekanan darah yang normal, mereka dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan posisi. Sedangkan bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, membutuhkan waktu apabila melakukan perubahan posisi.

Contohnya, ketika Anda bangun pagi, jangan langsung berdiri, tapi perlahan duduk terlebih dahulu di kasur baru kemudian berdiri. Hal ini akan membantu tubuh Anda untuk beradaptasi. Semoga dapat membantu.

Sumber : Jawaban TanyaDok.com di : https://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/sering-sakit-kepala-dan-pusing-saat-bangun-berdiri

Demikian informasi mengenai, Saat berdiri kepala pusing ini lhoo penyebabnya. Semoga bermanfaat bagi sahabat semua. Bantu share yah sahabat.

Salam : Saskia
Sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat berdiri kepala pusing ini lhoo penyebabnya"

Post a Comment

Mau tau dong komentarmu sahabat...?