Merokok beresiko penuaan dini lebih cepat

Warning : Kebiasaan merokok bisa berdampak penuaan dini lebih cepat

Saskiapos- Memiliki kebiasaan merokok sudah dipastikan memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, asap yang dikeluarkan dari perokok aktif, terbukti juga memiliki dampak buruk bagi mereka yang tidak merokok ( pasif ). Adapun beberapa penyakit kronis yang ditimbulkan ialah penyakit kanker dan jantung. 

Merokok beresiko penuaan dini lebih cepat

Disamping penyakit berbahaya tersebut, ternyata merokok dapat membuat penuaan diri menjadi lebih cepat bagi si perokok.

Proses penuaan dini dari merokok
Dengan merokok, kita mengalirkan asap rokok yang dihisap ke dalam paru-paru kita sehingga paru-paru yang membutuhkan banyak oksigen yang nantinya dialirkan dalam darah pun mengalami kondisi kekurangan oksigen, suplai oksigen yang terhambat membuat sirkulasi nutrisi yang dibutuhkan ke kulit pun menjadi semakin berkurang.

Masalah ini tentu saja bisa memicu kurangnya kolagen yang menjaga kulit kita tetap segar. Kulit tubuh pun menjadi lebih mudah keriput dan tidak lagi segar. Bahkan, banyak sekali perokok yang terlihat jauh lebih kusam dan memiliki kulit yang cenderung berbintik-bintik cokelat.

Hasil penelitian
Sebuah penelitian pada tahun 2002 bahkan mengungkaplkan fakta bahwa jika seseorang merokok lebih dari 10 batang dalam waktu sehari saja dalam 10 tahun, maka perokok ini bisa mendapati kerutan pada kulit menjadi lebih cepat datang, bahkan andai meskipun usianya masih 20 tahun-an.

Selain efek samping rokok membuat tampilan lebih tua, Ternyata rokok juga bisa membuat kondisi otak semakin melemah dan memicu penyusutan otak sehingga fungsi otak pun semakin menurun dan kita bisa berpotensi mengalami pikun pada usia dini.

Dengan kondisi yang mudah lupa ini, kita pun bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan juga menyelesaikan pekerjaan meskipun kita berada dalam masa usia yang produktif.

Dengan berbagai efek buruk dari merokok ini, sebaiknya mulai dari sekarang, sahabat perlahan meninggalkanya. Memang sulit melepaskan jeratan nikotin dalam rokok tersebut. Namun jika sahabat benar-benar niat, sahabat bisa kok. Mungkin dengan mengurangi jumlah merokok dari hari ke hari.

Akhir khalam
Demikian info kesehatan mengenai, Merokok beresiko penuaan dini lebih cepat. Semoga bisa bermanfaat yah sahabatku sekalian.

Salam : saskia
Sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Merokok beresiko penuaan dini lebih cepat"

  1. info blog membimbing. Bagus untuk dishare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasih sudah berkunjung di blog baruku ini. Semoga bisa bermanfaat yah guru nata.

      Delete

Mau tau dong komentarmu sahabat...?