Kebiasaan tidur pagi memicu penyakit jantung dan diabetes

Kebiasaan tidur saat pagi..? Wah..wah..tolong dihilangkan kebiasaan ini yah, sebab 2 penyakit sadis ini mengincar kamu

Saskiapos - Kebiasaan tidur pagi jika tidak segera dihilangkan sejak dini, bisa-bisa menjadi boomerang penyakit yang bersarang dalam tubuh. khususnya bagi pekerja yang ingin menikmati waktu tidur tambahan di akhir pekan sebagai masa untuk bermalas-malasan. 

Kebiasaan tidur pagi memicu penyakit jantung dan diabetes

Meskipun setelah bangun badan akan terasa segar dan tidak lelah, tidur di kala pagi hari sebelum jam 11 ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi tubuh.

Meskipun anda merasa puas karena tidur lebih lama, anda akan merasakan efek buruknya, Salah satu yang paling sering terjadi ialah sakit di kepala dan belum termasuk penyakit-penyakit berbahaya lainya seperti jantung dan diabetes.

Sebab kegiatan buruk tersebut mempengaruhi produktivitas tubuh. Tidur sebelum jam 11 siang ternyata berimbas pada rasa lesu untuk melakukan berbagai aktifitas selama seharian penuh.

Bagaimana tidak, sistem metabolisme tubuh menjadi kacau dan tidak sesuai dengan jam biologis normal. 

Tubuh memiliki ritme harian untuk beraktifitas dan beristirahat. Saat malam hari tubuh akan mengatur badannya untuk beristirahat, dan saat pagi hari tubuh akan diatur untuk bekerja atau setidaknya berkegiatan. 

Hal ini tentu bisa menyebabkan percepatan metabolisme yang drastis dan bahkan bisa membuat tubuh lesu seharian.

Tidur di pagi hari juga bisa memicu sakit kepala karena cairan serebrospnia justru mengalir ke dalam otak. Cairan inilah yang menjadi sebab sakit kepala.

Meningkatkan Resiko Penyakit Diabetes dan Jantung Dikarenakan sistem metabolisme tubuh semakin menurun, tubuh pun beresiko mendapatkan penyakit diabetes.

Dengan sistem metabolisme yang menurun, maka pengendalian kadar gula dalam darah pun menjadi semakin berantakan sehingga kadar gula darah pun berlebihan dan membuat masalah diabetes.

Selain itu, mereka yang tidur di pagi hari juga beresiko mendapatkan penyakit jantung hingga 38 persen. Dengan adanya resiko terkena penyakit berbahaya ini, tubuh tentu memiliki resiko mendapatkan kematian yang lebih besar.

Beberapa penyakit lain yang tentu bisa menyerang mereka yang hobi tidur di pagi hari adalah masalah pada saluran pencernaan, anemia atau kurang darah, dan juga semakin tidak seimbangnya fungsi otak.

Tambahan : Adapun hadist yang membahas masalah waktu tidur terlarang ini : 

Tidur di pagi hari adalah kejahilan, tidur di tengah hari adalah kemuliaan akhlak dan tidur di sore hari adalah kebodohan. [HR. Bukhari]

Dengan segala keburukan dari kebiasaan tidur di pagi hari, maka kita pun harus mempertimbangkan kebiasaan ini.

Jika kita ingin tidur dengan cukup, maka usahakan kita berangkat tidur lebih awal dari biasanya dan sebaiknya tidak melewati tengah malam.

Dengan cara ini, tubuh pun segera siap dan segar di pagi hari sehingga kita tidak mengantuk sebelum jam 11 siang.

Demikian info mengenai, Kebiasaan tidur pagi memicu penyakit jantung dan diabetes. Semoga bisa bermanfaat yah.

Editor : Bung jefri
Sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebiasaan tidur pagi memicu penyakit jantung dan diabetes"

Post a Comment

Mau tau dong komentarmu sahabat...?