Mengenal efek buruk penggunaan lipstik bagi kesehatan

Hi ladies..! Yuk kenali efek buruk dari penggunaan lipstik bagi kesehatan kamu

Saskiapos- Siapa tidak kenal lipstik, apalagi untuk para kaum wanita. Dari sekian banyaknya peralatan make-up yang dimiliki wanita, lipstik salah satu make-up yang wajib dimiliki, dan pasti mudah ditemukan pada tas make-up.

Selain membuat bibir terlihat cantik dan seksi, lipstik sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi kaum hawa ini.

Mengenal efek buruk penggunaan lipstik bagi kesehatan

Lipstik yang biasa dioleskan di bibir dan dipakai dalam waktu yang lama tentu berpotensi untuk bercampur dengan makanan atau minuman mengingat bibir tentu akan bertemu langsung dengan gelas atau makanan yang digigit. Apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan tubuh?

Seperti kebanyakan make-up yang beredar dipasaran, lipstik juga tidak terlepas dari bahan kimia. Meskipun banyak yang mengklaim menggunakan bahan alami layaknya air, gel atau minyak.

Namun lipstik tentu tidak bisa terlepas dari bahan kimia, tujuanya sih simpel, agar membuat tampilan bibir jadi lebih menarik. Nah bahan kimia inilah yang bisa menjadi masalah bagi kesehatanmu ladies, terutama pada area bibir.

Sebagai contoh efeknya ialah bibir menjadi hitam dan pucat, hal ini jika terlalu sering menggunakan lipstik. Bahan kimia yang terdapat pada lipstik, mampu merubah pigmen warna kulit. Pengendapan bahan kimia lipstik pada bibir mampu merubah permukaam bibir secara keseluruhan. 

Selain itu, banyak sekali kasus dimana bibir pun menjadi mudah pecah-pecah dan kasar karena menggunakan lipstik terus-menerus.

Adapun efek buruk lainya jika anda tidak bijak dalam menggunakan lipstik seperti kanker dan gangguan saat kehamilan, Adapun penjelasanya dibawah ini

1. Alasan bisa terkena kanker : Lipstik memiliki kandungan kimia seperti merkuri yang tinggi. Kandungan ini bisa memicu penyakit kanker jika masuk kedalam tubuh si penggunanya.

2. Alasan bisa mengganggu kehamilan : Kandungan retinyl palmitate yang terkadang dikandung lipstik juga bisa membuat gangguan pada reproduksi atau pada janin saat penggunanya hamil.

Solusi dan tips
Jika anda tetap ingin menggunakan lipstik dengan aman, ada baiknya anda juga harus memperhatikan seberapa lama anda memakai lipstik. Jika memang anda memakai lipstik untuk keperluan karir, segera bersihkan lipstik setelah tidak diperlukan lagi dengan pembersih yang berkualitas.

Pemilihan lipstik juga menjadi hal yang krusial mengingat banyak produk lipstik palsu yang cenderung lebih murah namun mengandung banyak bahan berbahaya dan menyebabkan alergi pada bibir. Jangan asal tergiur harga murah jika memang justru nantinya akan berbahaya bagi kesehatan anda.

Akhir khalam
Nah bagaimana sahabat, setidaknya kamu sudah tau kan mengenai, efek buruk penggunaan lipstik bagi kesehatan. Mulai dari sekarang, lebih bijaklah dalam menggunakan lipstik, agar meminimalis efek negatifnya. Semua ini demi kelangsungan kesehatan anda lho..! Semoga bermanfat yah info ini

Salam : Saskia
Sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal efek buruk penggunaan lipstik bagi kesehatan"

Post a Comment

Mau tau dong komentarmu sahabat...?