5 Resiko jika sering menahan kentut bagi tubuh

Kenali resikonya jika anda sering menahan buang gas atau kentut

Saskiapos - Berbicara mengenai buang gas atau lebih populernya kentut, pastinya kita sudah tak asing bukan,Hehehe. Kentut sendiri merupakan Gas yang keluar dari anus atau dubur akibat akumulasi gas dalam perut.

Biasanya jika orang mau kentut ditandai dengan rasa mulas diperut. Dan yang pastinya memiliki aroma yang jauh berbeda dengan Parfum. Lebih tepatnya seperti bau busuk.

5 resiko jika sering menahan kentut bagi tubuh

Buang angin / kentut merupakan proses alami yang terjadi akibat penumpukan gas. Gas tersebut berasal dari beberapa sumber, seperti udara yang kita hirup, reaksi dari proses kimia dalam usus, dan dari bakteri yang hidup dalam usus.

Nah sesuai dengan judul artikel ini, bahaya tidak sih jika kita menahan kentut dan apa saja akibatnya. Dibawah ini akan di ulas seperti apa yang sudah dijelaskan oleh doktersehat.com

Berikut 5 efek atau bahaya dari kebiasaan menahan kentut jika diabaikan :

1. Perut menjadi kembung
Jika Gas tidak dibuang, otomatis akan adanya penumpukan Gas yang berlebihan pada saluran pencernaan lambung dan usus. Alhasil perut menjadi kembung dan membuat penderitanya tidak nyaman seperti begah dan bersendawa.

2. Bisa mengakibatkan kram pada perut
Kelebihan Gas pada salah satu bagian usus bisa mengakibatkan kram. Biasanya penderita akan merasakan sakit seperti terlilit pada daerah perut. Nah jika anda tidak mau terjadi, jangan biasa menahan kentut yah.

3. Nafsu makan menjadi berkurang
Tentunya jika Kelebihan gas di area perut, membuat keadaan tidak nyaman. Si penderita merasakan perut seakan terasa penuh. Alhasil nafsu makan pun berkurang.

4. Aroma Gas semakin bau
Kentut terdiri dari beberapa kumpulan gas seperti hidrogen sulfida, yang mana senyawa tersebut menyebabkan kentut kita berbau.

Jika seseorang sering menahan kentut, maka akumulasi dari unsur belerang atau sulfur yang merupakan bagian dari senyawa hidrogen sulfida akan semakin  menumpuk, dimana hal tersebut bisa membuat bau kentut semakin tidak sedap atau  berbau menusuk saat keluar nantinya.

5. Memperparah kondisi sembelit
Penelitian menunjukkan jika menahan kentut atau gas yang seharusnya keluar, dapat mmengakibatkan peningkatan tekanan di dalam usus besar yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya divertikula (kantung-kantung kecil pada lapisan usus besar).

Keadaan ini juga bisa memperparah gangguan sembelit yang pada awalnya menjadi penyebab terjadinya kentut.

Wah.wah.wah..Kalau sudah tau resikonya seperti ini, sekarang mulai hindari yah kebiasaan menahan kentut.

Komentar sahabat bisa membantu artikel ini semakin lengkap. Silahkan komen yah dibawah ini.

Demikian info mengenai, 5 resiko jika sering menahan kentut bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Penulis : Bung Jefri
Sumber : doktersehat.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "5 Resiko jika sering menahan kentut bagi tubuh"

  1. Habis malu kalau gak di tahan mbk he he he ...
    Buat sahabat yang mau baca-baca silahkan klik Di zaman Rasulluloh SAW, ada sebuah keluarga yang berkecukupan. Basyir bin Sa'ad Al-Anshari mempunyai anak yang paling disayanginya, apapun yang di mintanya pasti akan diberikan. Dia adalah Nu'man bin Basyir, anak yang sangat sopan dan penurut dengan perintah orang tuanya di banding dengan anak-anak Basyir yang lain.
    http://www.duniaartikel16.net/2016/02/wahai-ayah-adilah-dengan-anak-janggan.html

    ReplyDelete

Mau tau dong komentarmu sahabat...?